Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 27 Agustus 2012

Muqodimah

Manusia adalah mahluk ciptaan Allah SWT yang paling mulia. Kelebihan manusia yang paling utama dan berbeda dengan mahluk lain adalah manusia diberi akal dan hati. Selain manusia tidak diberi itu oleh Allah. Tapi perlu dipahami oleh kita sebagai manusia kewajiaban utamanya adalah beribadah kepada Allah.
            Hadirnya seorang anak  adalah karunia Allah yang paling indah untuk pasutri ( pasangan suami istri) namun tidak semua pasutri dikaruniai anak, bahkan sampai banyak pasutri yang berani mengeluarkan uang sampai jutaaan rupiah agar mendapatkan anak dari rahimnya. Maka dari itu bersukurlah pasutri yang  sudah dikaruniai anak, rawatlah dan didiklah mulai masih dalam kandungan. Setelah terlahir berilah nama yang baik yakni nama yang punya arti yang baik, didiklah anak dengan pendidikan agama dan pendidikan umum, ajarilah ahlaq agar bisa berperilaku baik kepada orang lain.
            Kewajiaban orang tua kepada anak yang wajib dipenuhi sebagai orang tua muslim antara lain:
1.      Orang tua wajib memberi nama kepada anaknya dengan nama yang baik jika orang tua terlanjur member nama anak buruk maka harus menggantinya. Jika orang tua bingung atau tidak tahu mana nama yang baik dan buruk maka mintalah nama kepada orang yang pintar yaitu kyai atau tokoh ulama di daerahnya.
2.      Mengajari membaca al quran dan ilmu ilmu keahlian ynag harus diketahui oleh anak, kalau orang tua tidak mampu mengajarkan tersebut maka harus menyerahkan anaknya kepada orang yang dianggap bisa mengajarkan hal tersebut, yaitu bisa juga dipesantrenkan sambil disekolahkan agar bisa mngaji dan belajar ilmu umum.
3.      Menikahkan anaknya jika sudah baligh, menikahkan anak yaitu dengan orang yang sepadan , terutama sepadan dalam hal agama.
Agar orang tua mendapatkan anak yang sholeh maka hak-hak anak harus dipenuhi dan mengarahkan anaknya sejak dini kearah yang baik. Usaha orang tua agar mendapat  anak yang baik dan sholeh tidak hanya dilakukan sejak lahir tapi diawali mulai dari proses pembikinan anak yaitu saat bersetubuh diawali dengan  doa dan sholat hajat, dan ketika anak masih dalam kandungan orang tua harus rajin berdoa mendoakan anaknya yang masih dalam kandungan agar kelak ketika lahir dan tumbuh dewasa menjadi anak yang sholeh dan perilaku orang tua juga harus benar benar dijaga saat anak masih dalam kandungan sebab perilaku orang tua akan menurun kepada anaknya.
Karena pentingnya orang tua mengetahuai hal hal yang menjadi kewajiban terhadap anaknya, maka tidak salah jika menyimak website fiqh ilmu hamil ini secara rinci
                                                                                            

0 komentar

Posting Komentar